Tuesday, October 19, 2010

Pumpkin Pie


Ingredients:



Butter Pie Crust (ini resep crust-nya untuk 2 pie yg 9")
1,5 cups tepung terigu
1 sdm gula putih
0.75 sdt garam
1 cup (2 sticks) unsalted butter, potong-potong 0.5"
6 sdm (kurang lebih) air es.

Bahan Pie : (ini buat satu pie, kalo mau bikin 2 tinggal di double ajah)
1 adonan butter pie crust 
1 kaleng 15 ounce pure pumpkin
0.75 cup brown sugar
0.75 sdt bubuk kayu manis (ground cinnamon)
0.75 sdt bubuk jahe (ground ginger)
0.75 sdt bubuk pala (fresh grated nutmeg)
sedikit bubuk cengkeh (ground cloves)
3 buah telur besar
1,25 cup heavy whipping cream


Directions:
Cara membuat crust :
Campurkan terigu, gula, garam kedlm food processor, kemudian masukan butter, nyalakan lagi food processornya, kemudian masukan air es sedikit demi sedikit sampe adonan menggumpal dan bisa dibentuk. Keluarkan dari food processor dan bagi dua, kemudian tipiskan dengan menggunakan rolling pin, bungkus dengan cling wrap dan simpan dilemari es minimal 2 jam ato semalaman.
Kalo nggak ada food processor bisa juga pake mixer biasa ato kalo mau bekeringat sedikit pake tangan juga bisa.



Cara membuat pie :



Pindahkan rak oven kebagian paling bawah oven. Panaskan oven 375F, siapkan loyang buat pie dan semprot dengan oil spray ato olesi mentega, masukan adonan pie crust didalam loyang pie, atur pinggirannya supaya rata. Tutup adonan dengan tin foil dan masukan kacang kering diatas foilnya, bakar selama 15 menit, keluarkan kacang dan buka foil-nya, bakar lagi sampe ujungnya keliatan kecoklatan (kurang lebih 7 menit). Tusuk adonan dengan garpu apabila ada gelembung udara, angkat dan dinginkan selama 10 menit. 
Kurangi temperatur oven menjadi 350F dan pindahkan lagi rak oven ke tengah2.

Masukan pure pumpkin kedalam food processor, dan campurkan ke enam bahan2 yang lainnya. Tambahkan telur satu persatu, jalankan mesin setiap kali dimasukan telur (supaya tercampur rata). Kemudian masukan heavy whipping cream, jalankan lagi mesin sampe betul2 tercampur. Nyampur adonan ini bisa juga diaduk pake spatula ajah asal make sure bener2 kecampur rata.

Masukan adonan puree pumpkin kedalam kulit pie yang tadi, bakar sampai matang, Kurang lebih 1 jam, kalo ujungnya takut gosong tutupi dengan tin foil. Angkat dan dinginkan, hidangkan dengan cool whip.


Note : untuk bahan2 spice seperti bubuk kayu manis, bubuk jahe, pala dan cengkeh bisa digantikan dengan pumpkin pie spice yang udah jadi, hanya nanti rasanya sedikit beda.

Sumber Resep : Majalah Bon Apetite

0 comments:

Simplydelish.blogspot.com. Powered by Blogger.

"Being a full-time mother is one of the highest salaried jobs in my field, since the payment is pure LOVE" ~ MILDRED B. VERMONT ~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...