Tuesday, October 19, 2010

Bacang Ketan


Ingredients:
Ketan:


1 kg beras ketan, rendam 1 jam (kalo pake beras biasa, cukup dicuci ajah)
3 siung bawang putih cincang
1/2 sdm garam
4 sdm minyak goreng (aku pake minyak goreng ditambah minyak ayam sisa ayam panggang, dan krn minyaknya asin jadi garamnya dikurangin) 
1 sdm kecap asin

Isi:
700 gr daging cincang (ayam ato sapi)
3 btg daun bawang iris halus
2 sdm kecap asin
6 sdm kecap manis
1 sdt garam
2 sdm gula
1/2 sdt merica

bumbu halus
1 sdm ebi
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
aku kasih sedikit jahe biar nggak anyir krn aku skip ang ciu-nya.

Pembungkus:
Daun bambu, rebus sebentar, cuci dengan cara saling menggosokan 2 lembar daun.
bilas dengan air bersih. Tiriskan, dlm keadaan masih agak lembab, daunnya dilap pake lap yg dioleskan ke minyak goreng, supaya daunnya jadi licin, gampang dilipet dan bacang-nya nggak lengket. Sesudah itu gunting pangkal daunnya supaya ujung-nya nggak nusuk.


Directions:
Ketan:

tumis bawang putih dengan minyak sampai kuning dan harum. masukkan garam, kecap asin dan ketan. Aduk aduk sampai minyak dan bumbu merata dan meresap pada ketan. Ketan masih berwujud rada mawur ya. karena tujuan menumis bukan mematangkan, tapi untuk mencampur bumbunya.

ISI:
campur jadi satu semua bahan isi, ambil 1 sdm daging, bulatkan, lakukan sampai semua daging jadi bulatan. siap di isikan ke dalam bacang. (Aku nggak sempet ngebulet2, jadi langsung dituang pake sendok ajah.)

Penyelesaian:
ambil 3 lembar daun bambu, 2 lembar di pasang saling berlawanan dengan overlaping pada pangkalnya kira kira 10 cm, lalu tekuk sampe bawahnya ngebentuk contong dan kedua ujung daun bertemu lagi diatas, lalu pas di tengah contongnya itu di pasang daun yang ke tiga supaya contongnya jadi lebih lebar dan leluasa untuk ngelipetnya.
Isikan 1 sdm ketan sambil di buat kawah di tengahnya :-) masukkan segelundung daging, tutup dengan 1 sdm ketan. Bungkus bacang dengan rapi dan ikat dengan tali agel. (aku pake tali rapia), mudah2an gambar di slide-nya bisa mewakili, soalnya sambil pegang kamera


Setelah bacang selesai di bungkus, ikat berkelompok misalkan masing2 ikatan 5. tujuannya, gampang mengambil dari panci saat sudah matang, gampang menghitung, dan gampang menggantungnya.


Rebus bacang selama 4 jam, jika air menyusut, tambahkan air mendidih.
Jika menggunakan panci presto, merebus cukup 45-60 menit.


Gantungkan bacang seketika setelah di angkat dari panci, supaya air menetes habis.
Makan setelah bacang dingin.


Kalau mau pakai telur asin, saat membulatkan daging isi, isikan sebutir kuning telur asin mentah di tengah daging.


Note:
Kalo sisa bacang disimpan di lemari es, cara ngangetinnya bisa di microwave ato lebih mantaP dikukus ajah *kalo ngangetinnya banyak* agak repot ngebungkus sambil pegang camera.





Sumber Resep : Ine Elkaje

0 comments:

Simplydelish.blogspot.com. Powered by Blogger.

"Being a full-time mother is one of the highest salaried jobs in my field, since the payment is pure LOVE" ~ MILDRED B. VERMONT ~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...